Monday, December 6, 2010

Pembuatan PCB

Salah satu tahapan dalam desain perangkat elektronika adalah pembuatan layout PCB. Hasil dari proses layout ini yang berupa gambaran jalur-jalur tembaga pada PCB, kemudian akan diberikan kepada perusahaan atau individu yang akan merealisasikannya sebagai PCB.

Proses layout PCB dapat dikatakan sebagai suatu gabungan antara seni dan pengetahuan. Disebut pengetahuan karena untuk membuat PCB yang baik diperlukan pemahaman yang baik mengenai karakteristik komponen dan rangkaian. Misalnya, apakah suatu komponen bisa diletakkan didekat komponen lain yang memancarkan sinyal RF ? atau berapa besar jalur tembaga yang diperlukan untuk bisa mengalirkan arus sebesar 2 A, misalnya ?

Hasil layout PCB bisa dikatakan suatu hasil seni, karena layout PCB yang baik akan terlihat rapi, dan komponen tertata rapi. Penempatan komponen akan terlihar seimbang dan rapi dan tidak mengelompok disalah satu sisi. Dan tentu saja, pelayout PCB yang berpengalaman akan dapat menghasilkan karya yang rapi dengan ukuran PCB yang sekecil mungkin, karena semakin kecil ukuran PCB akan semakin menekan biaya produksi.

Layout PCB multi layer dan single layer tentu memerlukan keahlian dan pemikiran yang berbeda. Secara umum PCB single layer lebih susah untuk dilayout.

Bagi rekan-rekan yang berprofesi sebagai pelayout PCB, ebook berikut akan sangat bermanfaat untuk menambah wawasan Anda. Pada ebook tersebut diterangkan terminologi-terminologi yang didipergunakan di dunia layout PCB. Juga diterangkan berbagai saran (suggestion) dan aturan (rules) untuk dapat menghasilkan PCB yang baik.

Anda bisa mendownloadnya di :

http://www.ziddu.com/download/12845656/PCBDesignTutorialRevA.pdf.html

No comments:

Post a Comment