Thursday, October 4, 2012

Arduino Serial

Jika Anda berniat untuk memulai mencoba bereksperimen dengan Arduino, Anda dapat dengan mudah mendapatkan modul Arduino diberbagai toko online lokal di Indonesia maupun toko online yang berbasis diluar negeri. Sedangkan s/w IDE untuk melakukan pengembangan aplikasi dapat Anda download secara gratis dari situs resmi Arduino (www.arduino.cc).

Harga modul Arduino di situs online bervariasi, tergantung dari tipe modul Arduino dan situs tempat Anda berbelanja. Untuk modul Arduino Uno, disitus lokal harganya berkisar antara Rp.250rb hingga Rp300rb.
Cukup lumayan untuk dompet seorang mahasiswa......

Sebenarnya Anda dapat merakit sendiri modul Arduino. Situs http://arduino.cc/en/Main ArduinoBoardSerialSingleSided3 memuat skema dan file layout PCB Arduino dengan interface serial. Arduino tipe ini disebut Arduino Severino.

Layout pcb ini merupakan layout single side. Anda dapat mencetak file ini dan memberikannya pada pembuat PCB untuk membuat pcb modul Arduino. PCB modul Arduino serial ini berdimensi Arduino standar, sehingga Anda dapat mempergunakan shield-shield standar yang banyak dijual dipasaran.

Arduino Severino
Sesuai namanya, Arduino Severino mempergunakan port serial untuk mendownload program dari Arduino IDE. Dengan demikian Anda harus mempergunakan PC dengan port serial untuk mendownload program. Anda dapat pula USB to Serial konverter untuk keperluan ini.

Setelah Anda berhasil membuat PCB Arduino Serial, tahap berikutnya adalah memasangkan komponen-komponen pada PCB tersebut. PCB Arduino Serial mempergunakan komponen-komponen standar (bukan smd), sehingga penyolderan dapat dilakukan dengan mudah. Tipe dan nilai komponen dapat Anda lihat pada skema Arduino Serial di situs Arduino.
  
Untuk mikrokontroller AVR yang merupakan 'otak' dari Arduino Serial ini, Anda dapat mempergunakan ATMEGA8, ATMEGA168 atau ATMEGA328, dengan kemasan DIP28 tentunya. Anda harus mengisi mikro AVR ini dengan program bootloader yang sesuai agar board Arduino Serial bisa berkomunikasi dengan IDE Arduino pada PC. Program bootloader (dengan format HEX) akan terdapat pada salah satu direktori pada folder Arduino.

Sebagai contoh, penulis mempergunakan IDE Arduino versi 0022. File bootloader untuk ATMEGA8 akan terdapat pada direktori
D:\arduino-0022\hardware\arduino\bootloaders\atmega8\ATmegaBOOT.hex
sedangkan bootloader bagi ATMEGA168 dan ATMEGA328 (beberapa file) terdapat di direktori
D:\arduino-0022\hardware\arduino\bootloaders\atmega

File D:\arduino-0022\hardware\arduino\boards.txt berisi informasi tentang seting fuse dan lock bit bagi masing mikro AVR. Untuk mengisikan file bootloader ke dalam mikro AVR, Anda dapat mempergunakan programmer parallel atau programmer USB bagi AVR. Jika Anda memiliki board Arduino lainnya, Anda dapat mempergunakan board Arduino terebut untuk memprogram bootloader bagi Arduino Serial ini.

   

No comments:

Post a Comment